Managemen Bandwith User Mikrotik, 1 MBps rasa 5 MBps (Burst Limit)

Daftar Isi

Pada artikel kali ini, Mamang akan memberikan referensi pengaturan bandwith/kecepatan User Mikrotik dengan Burst Limit atau bisa disebut juga Bonus Bandwith. Cara kerja burst limit ini adalah user akan mendapatkan jatah bandwith melebihi batas yang Agan tentukan dengan batas waktu/ waktu-waktu tertentu saja. Mamang akan memberikan Kalkulator perhitungannya juga supaya mudah dan Agan tinggal Salin/ Copy dan Tempel/ Paste pada pengaturan mikrotiknya.

Kalkulator Burst Limit Mikrorik disediakan oleh BilhaNet, adapun link-nya silahkan klik BilhaNET

Adapun metode Managemen Bandwith User Mikrotik akan Mamang jelaskan dengan 2 cara penerapannya:

1. Managemen Bandwith User Profil

Penerapan Burst Limit pada User Profile menggunakan format parameter sebagai berikut:

[rx-rate[/tx-rate] [rx-burst-rate[/tx-burst-rate] [rx-burst-threshold[/tx-burst-threshold] [rx-burst-time[/tx-burst-time] [priority] [rx-rate-min[/tx-rate-min]]]]

Contoh :

2M/2M 4M/4M 1536k/1536k 16/16 8 1M/1M

Maka:

2M=Max Limit Upload/Download

4M=Burst Limit Upload/Download

1536k=Burst Threshold Upload/Download

16=Burst Time Upload/Download

8=Prioritas

1M=Limit at Upload/Download



Max Limit: Batas kecepatan normal data

Burst Limit: Batas kecepatan data Upload / Download maksimal yang dapat dicapai selama burst dijalankan (nilai harus lebih besar sari Max Limit)

Burst Threshold: Ini adalah nilai on / off burst (niali yang menentukan kapan burst bisa dijalankan ataupun dihentikan. Jika pada saat client menggunakan alokasi bandwith yang lebih rendah dari burst-thresholdnya, maka burst akan dijalankan.namun jika bandwith nya sama atupun lebih dari burst-threshold,maka burst akan dihentikan.nilai brust-threshold umumnya 3/4 atau 70% dari Max Limit)

Burst Time: Periode waktu, dalam detik, di mana kecepatan data rata-rata dihitung. (Ini BUKAN waktu burst yang sebenarnya)

Prioritas: Urutan Prioritas (1-8), 1 adalah prioritas utama

Limit at: Batas terendah

Catatan: Lama Burst dijalankan = (Burst Threshold/Burst Limit) x Burst Time

2. Managemen Bandwith Simple Queues

Selain menerapkan Burst Limit via User Profil, Agan juga bisa menerapkannya di Queues > Simple Queues. Sebenarnya sama saja metodenya, Agan bisa menggunakan Kalkulator Burst Limit dari BilhaNET, namun yang beda hanya penerapan dalam Winboxnya.

Mamang akan mencoba menerapkan Manajemen Bandwith yang sama seperti di User Profil, maka penerapan dalam Simple Queues adalah sebagai berikut:



Untuk Prioritas dan Limit at ada di Tab Advanced



Sekian tutorial dari Mamang, mohon maaf apabila Mamang kurang detail dalam penjelasannya. Mamang bukan mastah dan masih belajar, jadi jika ada masukan atau kritikan silahkan di kolom komentar ya Gan. Semoga bermanfaat..


Mang Dadan
Mang Dadan Jangan menunggu kaya untuk bersedekah, jangan menunggu mahir untuk berbagi. Dengan bersedekah semoga bertambah kaya, dengan berbagi semoga bertambah mahir.

Posting Komentar